Pendaftaran KPPS di Desa Bektiharjo masih dibuka 2 hari lagi

  • Dec 18, 2023
  • Bektiharjo
  • KEGIATAN, PEMERINTAHAN

Pendaftaran Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024 telah resmi dibuka oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pendaftaran KPPS di desa Bektiharjo telah dibuka sejak tanggal 11 Desember 2023. 

Tampak Pendaftar cukup antusias di sekretariat PPS tepatnya di Kantor Desa Bektiharjo. Pendaftaran dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB.

Sampai hari ini ada sebanyak 134 Pendaftar dari 259 kuota yang dibutuhkan. Adapun syarat untuk menjadi anggota KPPS adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun hingga 55 tahun; Setia Kepada Pancasila sebagai Dasar Negara UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhineka Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945; Mempunyai Integritas, Pribadi yang kuat, jujur dan adil; Tidak menjadi anggota partai politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah, atau sekurang-kurangnya 5 tahun tidak lagi menjadi anggota dari pengurus partai politik yang bersangkutan; Berdomisili dalam wlayah kerja KPPS; Mampu secara jasmani, rohani dan bebas narkoba; Minimal SMA atau sederajat; serta tidak pernah dipidana penjara bersdasarkan peraturan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana penjara 5 tahun atau lebih.

Rekruitmen ini terbuka secara umum untuk masyarakat, namun nantinya ada tahap seleksi apakah pendaftar sesuai persyaratan atau tidak.