PEMILIHAN PEMUDA PELOPOR

  • Mar 15, 2024
  • by Bektiharjo

Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2024 Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia pada setiap tahunnya menyelenggarakan Pemilihan Pemuda Pelopor, yang pelaksanaannya diawali dari tingkat Kabupaten, tingkat Provinsi sampai dengan tingkat Nasional. Untuk di Kabupaten Tuban akan dilaksanakan pada bulan Maret 2024. 

Kepeloporan Pemuda adalah akumulasi dari semangat pemuda dalam mengebangkan potensi diri, guna merintis jalan, melakukan terobosan, menjawab tantangan dan memberikan jalankeluar atas berbagai masalahyang dilandasi sikap dan jiwa kesukarelawan, tanggung jawab dan kepedulian untuk menciptakan sesuatu dan atau mengubah gagasan pemikiran, Tindakan dan perilaku menjadi suatu karya nyata yang berkualitas dan dilaksanakan secara konsisten dan gigih yang dirasakan manfaatnya bagi masyarakat serta diakui oleh berbagai pihak dan pemerintah.

Proses Pemilihan Pemuda Pelopor meliputi rangkaian kegiatan Sosialisasi, Pendaftaran, penilaian administratif dan penilaian lapangan. Sedangkan Kepeloporan terdiri dari 5 (lima bidang), antara lan:

a. Bidang Pendidikan

b. Bidang Pangan

c. Bidang Seni Budaya

d. Bidang Inovasi Teknologi

e. Bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA), Lingkungan dan Pariwisata.

Adapun persyaratan, deskripsi, dan kriteria bidang kepeloporan sebagaimana terlampir, dan informasi lainnya dapat diakses melalui : https://bit.ly/pemudapeloporTUBAN2024